Tips Agar AC Tetap Awet dan Tahan Lama

www.serviceac-bogor.com AC (air conditioner) atau mesin pendingin ruangan kini sudah menjadi kebutuhan poko atau kebutuhan utama dalam sebuah hunian/rumah kita, apalagi di daerah tropis seperti di negara kita tercinta ini yaitu Indonesia.

Bukan tidak mungkin dalam satu rumah bisa 3 atau 4 unit AC (air conditioner) dinyalakan sepanjang harinya demi menambah kesejukan atau kenyamanan ruangan.

Namun pada dasarnya AC (air conditioner) adalah sebuah barang elektronik yang semakin banyak/sering digunakan, nilai keawetanyapun akan menurun/berkurang dan berakhir rusak.

Umumnya, mulai mengalami kerusakan/kendala setelah jangka waktu penggunaan 2 s/d 4 tahun, sebenarnya jika anda mampu merawat dan menggunakanya dengan benar, maka sebuah barang elektroni atau AC (air conditioner) dapat bertahan hingga 10 tahun bahkan bisa lebih.

Bagaimana cara merawat ac dengan benar? mari kita simak

1. GUNAKAN TIMER

Gunakan fitur timer saat menyalakan AC (air conditioner) sehingga akan mati secara otomatis tepat pada watunya, setel waktu sesuai dengan kebutuhan.
Sebaiknya AC (air conditioner) dinyalakan maksimal 5 jam dalam satu kali pemakaian, setelah itu biarkan mesin dingin kembali, fitur timer juga menjaga mesin AC (air conditioner) tidak cepat rusak.
Sebaiknya jangan sering mengatur suhu AC (air conditioner) dibawah 22 derajat celcius, ini akan membuat mesin AC (air conditioner) cepat panas. selain itu, suhu 22 derajat celcius merupakan suhu ruangan yang pas bagi iklim di Indonesia.

2. BERSIHKAN FILTER

Bersihkan filter AC (air conditioner) secara rutin minimal 1-2 bulan sekali, jika sudah terlalu kotor anda bisa mengganti dengan yg baru.
Debu yang menumpuk pada filter akan menghalangi aliran udara yang dapat menyebabkan fungsi AC (air conditioner) terganggu, akibatnya AC (air conditioner) akan cepat rusak.

3. BERSIHKAN KUMPARAN AC

Selain filter, kumparan AC (air conditioner) juga perlu diperhatikan kebersihanya sebab debu juga kerap menumpuk pada bagian ini.
Debu yg menumpuk pada kumparan dapat mengurangi kemampuanya utk menyerap panas, ini dapat menyebabkan AC (air conditioner) kelebihan beban dan bisa menimbulan korslet, periksa kumparan secara rutin setiap bulan/tahun dan bersihkan.

4. PERIKSA THERMOSTAT

Periksa selalu thermostat (pengatur suhu) untuk memastikan AC (air conditioner) bekerja dengan baik dan menjaga tempratur ruangan tetap setabil.
Atur thermostat dengan tempratur yg lebih tinggi ketika rumah sedang tidak banyak orang/kegiatan, atau memang benar benar tidak ada orang dirumah, sebaiknya matikan AC (air conditioner).

5. CEK KIPAS

Periksa kipas yang terpasang diatas unit kondensator bagian luar, pastikan kipas masih berada dalam kondisi yang bagus, ganti psau kipas jika terdapat retak atau pecahan.

6. SERVICE SECARA BERKALA

Lakukan service secara berkala, anda bisa menggunakan jasa layanan perbaikan AC (air conditioner) untuk memeriksa kelayakan AC (air conditioner)

Biasanya produsen AC (air conditioner) menyediakan layan service untuk membantu meperbaiki kerusakan/kendala kecil dan mencegah kerusakan besar, Atau bisa juga memanggil penyedia jasa layanan perbaikan AC diwilayah anda atau bengkel perbaikan AC (air conditioner) terdekat.

Merawat AC (air conditioner) secara teratur tidak hanya menghemat uang, tapi juga membuat rumah/tempat tinggal kita tetap nyaman.

Disini kami melayani jasa service/perbaikan ataupun pemasangan AC (air conditioner), diwilayah bogor jawa barat, jika anda sedang membutuhkan/mencari jasa service maupun pmasangan AC (air conditioner) diwilayah bogor jawa barat hubungi kami sekarang juga di No : 081283434987 / 085810347602

dikerjakan oleh para tenaga kerj/teknisi yg sudah berpengalaman dan profesional dalam bekerja, biaya/harga jasa kami sangat bersahabat dan ada jaminan garansi diantara pekerjaan yg dikerjakan.

sumber : www.rumah.com

Related posts